Kamis, 29 Maret 2012

manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Berikut ini adalah pengertian dari beberapa ahli yaitu :
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

Menurut saya dari pendapat beberapa ahli diatas saya dapat menyimpulkan bahwa manajemen adalah dimana seseorang/pimpinan yang mampu mengarahkan sekelompok organisasi yang dimana satu tujuan itu harus tercapai, agar semua tercapai diperlukanlah adanya suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya (Ricky W. Griffin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar