Rabu, 18 April 2012

pemasaran online dan offline

Secara mendalam pengertian pemasaran yaitu proses kebutuhan manusia yang dimana terdapat barang atau jasa, untuk memenuhi kehidupan masing-masing.

Pada zaman sekarang sudah banyak kemajuan yang terjadi dalam pemasaran, yaitu pemasaran online maupun offline. disini saya akan membahas peristiwa tersebut, sekaligus membahas manfaat, maupun kelebihan serta kekurangan dari pemasaran online dan offline.

A. Pengertian

pemasaran online yaitu, proses transaksi penjualan barang dan jasa yang menggunakan teknologi elektronik yang dapat memudahkan para konsumen.

pemasaran offline yaitu, proses transaksi penjualan barang dan jasa secara langsung yang dimana produsen dan konsumen bertemu dan terjadinya proses transaksi jual beli.

B. Manfaat

pemasaran online yaitu, mempermudah para produsen terhadap konsumen, yang dapat membeli produk-produk barang dan jasa secara online, dan tidak perlu repot untuk mengunjungi toko. hanya dengan memilih serta mengirim barang tersebut dengan rentang waktu yang telah disepakati.

pemasaran offline yaitu, adanya suatu transaksi yang secara langsung produsen dan konsumen dapat bertemu.

C. Kelebihan

pemasaran online :
1. dalam biaya pemasaran, pemasaran online tergolong lebih murah. karena tidak memakan biaya banyak, hanya dengan membuat situs tersendiri serta menyebarkan diberbagai sarana-sarana komunikasi yang ada.

2. dalam pemasaran yang luas, penjualan online ini secara tidak langsung semua orang dapat melihat produk penjualan kita dari berbagai pulau, kota, provinsi maupun negara melalui situs penjualan kita sendiri.

3. kemudahan dalam mengakses juga dapat menjadi kelebihan yaitu kita dengan mudah dapat mengunjungi alamat website kita sendiri.

D. Kekurangan

pemasaran offline
1. dalam biaya pemasaran offline, tergolong mahal. dikarenakan kita harus lebih memperbanyak brosur, iklan, begitu juga dengan tenaga.

2. dalam pemasaran yang luas, mungkin tergolong sulit. dikarenakan bersifat lokal, apabila kita harus membuka cabang diberbagai kota, kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

3. dalam mengakses setiap produk dalam offline ini, tergolong sulit dikarenakan apabila pihak produsen membagikan brosur kepada pelanggan kemudian pelanggan susah untuk menemukan alamat dari toko tersebut, maka tidak banyak orang datang ke tempat usaha itu.

jadi menurut saya apabila kita ingin menjalankan usaha, lebih baik kita membuka dua alternatif yaitu via online maupun offline. agar dapat mempermudah para konsumen untuk membeli barang dan jasa yang ada.

1 komentar:

  1. Artikelnya bagusss...
    Pasar online sungguh menjanjikan saat ini maupun di tahun mendatang. oleh karena itu penting bagi pemasar untuk memahami lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian online.
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian online.
    Klik --> Makalah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online

    BalasHapus